Puskesmas Tambakboyo Gelar Sosialisasi dan Pembentukan POSBINDU PTM di Desa Pabeyan, Ini Tujuannya

Kamis (4/10) pukul 9.00 pagi, pihak Puskesmas Tambakboyo melakukan Sosialisasi dan Pembentukan POSBINDU PTM (Penyakit Tidak Menular) di Pendopo Desa Tambakboyo.

Acara sosialisasi ini dihadiri Pemerintah Desa Pabeyan, Kader Posyandu, PKK, Karang Taruna, RT, RW, Tokoh Masyarakat, serta tim Puskesmas, diantaranya adalah Ikhwan, Penanggungjawab P2P sekaligus pemateri pertama, dr. Sri Wulandari pemateri kedua, Luluk Sofiatul Laila, perawat Puskesmas Tambakboyo, dan Hj. Umi Kholifah, Bidan Desa sekaligus Penanggungjawab Remaja.

Ikhwan, Penanggungjawab P2P, dalam sambutannya menjelaskan, diharapkan nantinya kader bisa memberi penyuluhan kepada masyarakat terkait PTM, serta  bisa memberi nasehat terkait hasil pemeriksaan yang dilakukan. Dirinya juga menambahkan nantinya ketika Kader POSBINDU melakukan pemeriksaan akan didampingi oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas.

Adapun Visi dari dibentuknya POSBINDU PTM itu sendiri menurut Penanggungjawab P2P ini adalah demi terciptanya masyarakat desa yang sehat, serta mengurangi risiko Penyakit Tidak Menular.

Sedangkan Misi POSBINDU PTM menurutnya, untuk mendorong masyarakat agar selalu berusaha hidup sehat dengan rutin memeriksa kesehatan diri.

"Semoga dengan adanya POSBINDU PTM, penyakit yang telah saya sebutkan tadi bisa berkurang dan tidak sebanyak sebelum adanya POSBINDU PTM", ujarnya di akhir sambutan.

Penyakit Tidak Menular yang sat ini banyak terjadi di masyarakat Indonesia diantaranya adalah hipertensi, stroke, diabetes, radang sendi, kolesterol, obesitas, tumor, dan asma. Seperti yang telah dipaparkan oleh dr. Sri Wulandari dan materinya, beberapa resiko PTM diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor, sepertifaktor genetik, pola makan, malas olahraga, merokok, stress, dan lain-lain. dr muda asal Medan itu juga menuturkan untuk mencegah timbulnya gejala PTM adalah dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan sehat, dan pemeriksaan diri secara rutin. (Abang_H)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)